Riset Ekonomi Harian, 31 Maret 2017

0
145

Berita Global

·         Pertumbuhan PDB AS 4Q16 direvisi naik ke 2,1% YoY dari 1,9% YoY. (Bloomberg)

·         Initial jobless claims AS turun ke 258 ribu dari 261 ribu. (Bloomberg)

·         Presiden Tiongkok Xi Jinping akan berkunjung ke AS bertemu dengan Presiden Donald Trump pada 6-7 Apr17.(Kontan)

Berita Domestik

·         Jumlah realisasi uang tebusan program amnesti pajak hingga Jum’at pagi (31/3/2017), mencapai Rp128 triliun. (DJP)

·         Freeport menyetujui dua mekanisme penyelesaian perubahan KK menjadi IUPK yang ditawarkan pemerintah.(Investor Daily)

·         BI masih melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup baik dan terkendali, meskipun masih akan ada sejumlah tantangan dari sektor pangan yang bisa menekan pertumbuhan ekonomi di 1Q17. (Kontan)

·         Pencairan  dana talangan pembebasan  tanah oleh  Badan  Penyelenggara Jalan Tol dari Lembaga Manajemen Aset Negara segera terealisasi. (Kontan)

·         Kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT meningkat dari 5.5 juta menjadi 7,23 juta wajib pajak orang pribadi (Kontan)

·         Kepala bidang Humas Polda Metro jaya Argo Yuwono mengatakan,  kepolisian  telah menyiapkan sekitar 3.000 personel untuk menjaga keamanan pada aksi 313. (Kontan)

Pertumbuhan AS direvisi naik, penguatan dollar kembali. Dollar index kembali menguat, selain akibat dampak Brexit yang tersisa, juga didorong revisi pertumbuhan PDB AS yang naik melebihi ekspektasi.  Fokus langsung beralih ke PCE deflator AS nanti malam yang biasanya menjadi patokan utama the Fed menentukan arah kebijakan. Sebelumnya di sore hari, ekspektasi inflasi Zona Euro akan diumumkan, diperkirakan stabil.

Rupiah masih stabil, permintaan SUN masih tinggi. Rupiah stabil ketika kurs di Asia melemah terhadap dollar Kamis kemarin. Pelemahan bisa berlanjut melihat dollar index yang terus menguat. Yield SUN masih turun, pertanda masih kuatnya permintaan. Harapan kenaikan peringkat utang oleh S&P masih tinggi walaupun perlahan menumbuhkan ketidakpastian baru. Aksi demonstrasi ormas Islam akan digelar hari ini menjelang dimulainya kampanye pilkada DKI Jakarta II di minggu ke dua Apr17. Inflasi Mar17 ditunggu Senin siang, diperkirakan stabil dengan kecenderungan naik. Ruang penguatan rupiah mulai terbatas di jangka pendek.

LEAVE A REPLY