Picture by : www.beritateknologi.com

Mungkin tidak pernah terbayangkan oleh siapapun, bahwa kemajuan teknologi membawa kita pada era kendaraan yang sudah tidak dikendalikan oleh seorang supir atau lebih dikenal sebagai kendaraan otonom. Dengan menggunakan teknologi super canggih yang ditanam pada sebuah kendaraan, memungkinkan kendraan berjalan sendiri dan bekerja tanpa kehadiran seorang supir.

Tidak hanya mobil atau kendaraan umum yang ahir-ahir ini dikembangakan menggunakan teknologi otonom, bahkan kendaraan tambang juga telah menggunakan tersebut. Perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan “ KOMATSU “ ahir-ahir ini meluncurkan produk truk terbarunya dengan teknologi  Autonomous Haulage Systems (AHS) yang telah dikembangkannya bersama Rio Tinto sejak tahun 2008. Berbagai pengujian pun dilakukan di berbagai negara, mulai dari Chile hingga Australia.

Truk tambang tanpa sopir yang berteknologi AHS dari Komatsu diperkenalkan pertama kali pada Mineexpo International di Las Vegas 2016 dengan model 930E.

Truk tambang ini mempunyai tenaga 2700 hp dan panjang mencapai 15 meter. Tidak ada kabin dan menggunakan desain roda 4WD. Sekali perjalanan, truk tambang otomatis ini bisa membawa beban mencapai 230 ton dengan kecepatan 64 kilometer per jam.

sumber : youtube

Dengan teknologi canggih truk tersebut diharapkan akan meningkatkan produktifitas  dan efisiensi aktifitas tambang. Dengan kontrol jarak jauh lewat jaringan wireless truk ini dapat berjalan mulus di area tambang, plus dengan tambahan sensor untuk mendeteksi adanya halangan membuat truk ini semakin aman bekerja diarea tambang. Dilansir dari www.beritateknologi.com, Komatsu akan memasarkan truk tambang tanpa sopir ini dalam waktu dekat.

Sumber : beritateknologi.com

By : Mada

Pastikan Anda Sudah Mengunduh Aplikasi cepamagz.com yang sudah tersedia di IOS dan Android

cepamagzcepamagz