Lahirnya Bosowa bermula dengan didirikannya sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan umum bernama CV Moneter di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 22 Februari 1973 oleh H.M. Aksa Mahmud.
Pada 1978, perusahaan itu mendapatkan hak ekslusif sebagai dealer resmi mobil produksi Jepang yakni Datsun untuk Kawasan Indonesia Timur. Pada tahun yang sama, nama perusahaan diganti menjadi PT Moneter Motor.
 
Kesuksesan perusahaan semakin lengkap ketika mendapatkan kepercayaan dari Mitsubishi Motors menjadi sales & distributor mobil merk Mitsubishi untuk Kawasan Timur Indonesia pada bulan Oktober 1980. PT Moneter Motor pun berganti nama menjadi PT Bosowa Berlian Motor yang menjadi tonggak penting mengawali kemajuan Bosowa.
Setelah puluhan tahun berlalu, terjadi peralihan kepemimpinan di Bosowa pada tahun 2006. Erwin Aksa dipercayakan untuk menjabat sebagai Presiden Direktur. Sejak saat itu, Erwin Aksa mampu membawa perubahan yang signifikan terhadap kemajuan Bosowa, setelah mendorong transformasi, profesionalisme, efisiensi, target hasil yang terarah serta perencanaan jangka panjang dan matang. Bersama Erwin Aksa, perusahaan mencanangkan era ‘lepas landas’ menuju Bosowa Excellence pada 2015 mendatang.

Bosowa terus memperkokoh posisinya sebagai salah satu perusahaan swasta berskala besar di tingkat nasional. Bosowa pun tengah mempersiapkan diri agar bisa menghadapi berbagai tantangan di tingkat global.


Perusahaan yang didirikan oleh Aksa Mahmud ini telah sukses merambah ke 10 unit bisnis, mulai dari otomotif, semen, logistik & transportasi, pertambangan, properti, jasa keuangan, infrastruktur, energi, media, hingga multi bisnis.

Grup Multi Business terdiri dari sejumlah anak perusahaan Bosowa yang bergerak di bidang usaha multi industri. Meski skalanya masih relatif kecil, namun lima perusahaan berikut ini telah bergerak di sektor yang beragam, yakni:

PT Bantimurung Indah : Perusahaan yang terbentuk pada tahun 1986. Fokus dari perusahaan ini adalah memproduksi carragenen dan menyuplai rumput laut kering dari sumber-sumber yang terdapat di seluruh Indonesia.PT Bosowa Isuma: Perusahaan yang membudidayakan udang dan ikan sejak tahun1980. Adapun hasil budidaya itu dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan lokal.PT Bosowa Agro Industries: Perusahaan yang mengelola pertanian dan perkebunan, terutama buah naga.

PT Galung Loanna Bosowa:
Perusahaan yang mengelola sektor pertanian, mulai dari sektor hulu pangan hingga memberikan pembinaan kepada para petani padi tentang cara pembibitan, penanaman, dan pengolahan menjadi beras.

PT Bosowa Sport Indonesia:
Perusahaan yang mengelola beberapa pusat olah raga, yang diantaranya adalah driving range dan Bosowa Sport Centre. 

Kantor Pusat

Menara Karya, Lantai 16, JL. H.R. Rasuna Said, Blok X-5, Kav. 1-2
Jakarta 12950 – Indonesia
Telp : +62-21-5794 4344 (Hunting)
Fax : +62-21-5794 4544

Kantor Representatif

Jl. Urip Sumoharjo No.266, PO BOX 273 Makassar 90232
Makassar – Sulawesi Selatan
Telp : +62-411-444444
Fax : +62-411-447741

www.bosowa.co.id