Penting Bagi Pemilik & Pengguna Alat Berat

0
430

Tak sedikit perusahaan yang bergerak dibidang yang bersentuhan dengan penggunaan alat-alat berat, merasa harus mengikuti rekomendasi penggunaan dari OEM atau distributor pemegang merek untuk urusan berkaitan dengan pelumas/lubrication.

Disisi lain perusahaan ini mempunyai lebih dari satu merek alat berat, sehingga menuntut mereka untuk menyediakan lubricant sejenis dengan merek berbeda sesuai rekomendasi, yang membuat harus menyediakan stok lubricant sesuai merek alat berat. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi para pemilik alat berat, disamping juga tidak semua OEM atau distributor alat berat mempunyai produk range yang lengkap sesuai kebutuhan tiap-tiap komponen yang ada di alat berat.

Tak ayal, maka sebagai pemilik alat berat harus menyediakan gudang untuk penyimpanan atas produk yang berbeda-beda dan juga harus berhubungan dengan banyak penjual/supplier lubrication.

HEO BLACK

Sejatinya untuk urusan pelumas/lubricant di Indonesia telah ada badan sertifikasi yang menentukan bahwa sebuah produk pelumas boleh dipasarkan di wilayah Republik Indonesia, bandan ini adalah LEMIGAS. Sebelum dipasarkan produk harus lulus uji dan sesuai spesifikasi yang ditentukan untuk kondisi operasi di wilayah Republik Indonesia, dan Lemigas akan mengeluarkan sertifikat berupa NPT “Nomor Pelumas Terdaftar”. Setelah mengantongi NPT ini, barulah produk dapat dipasarkan dan spesifikasinya layak dapat digunakan untuk kebutuhan penggunaan alat berat yang dipasarkan di wilayah Indonesia. Seharusnya pemilik alat berat tidak perlu ragu lagi menggunakan produk apapun, asalkan secara spesifikasi telah lulus dan mengantongi NPT dari LEMIGAS.

Yang perlu dan menjadi penting bagi pemilik alat berat adalah dimana mereka bisa mendapatkan pelumas dari supplier atau pemasok yang kredibel, mengingat tak sedikit terjadi pemalsuan pada bisnis pelumas ini.

Apapun Alat Beratnya, HEO Pilihannya……….

Berangkat dari uraian diatas, salah satu perusahaan bagian dari PT Astra International Tbk & PT United Tractors Tbk, yakni PT Andalan Multi Kencana, lebih kurang sepuluh tahun yang lalu tepat nya tahun 2006, mulai bergerak untuk membantu mengatasi keluhan dari pemilik alat berat dengan melakukan pengembangan produk pelumas yang benar-benar disesuaikan dengan kondisi operasi di wilayah Indonesia, serta kebiasaan-kebiasaan pemilik dalam melakukan perawatan alat beratnya. Dengan pengalaman sebagai distributor alat berat sangat membantu dalam kesesuaian pengembangan yang dilakukan.

Sehingga pada tahun 2006 pertama kali dipasarkan produk pelumas yang dikhususkan untuk kebutuhan alat berat, yang secara spesifikasi telah di design dapat diaplikasikan penggunaannya untuk berbagai merek alat berat yang dipasarkan diwilayah Indonesia (NPT sesuai yang diterbitkan oleh LEMIGAS)

Heavy Equipment Oil “HEO”, adalah merek pelumas tersebut , yang sudah dipasarkan selama satu dasawarsa ini dan telah banyak digunakan para pemilik alat berat di seluruh penjuru tanah air, bahkan HEO sudah di ekspor ke berbagai negara seperti Singapore, Myanmar & Filiphine. Produk range HEO untuk segment market alat berat termasuk yang paling lengkap